Sabtu, 07 Februari 2015

Geregetan

Sama 'mbak' yang baru tapi stok lama.
Iyes, setelah saya sendirian tanpa campur tangan asisten rumah tangga selama setahun persis, sekarang saya sudah ada yang bantuin lagi.
Mbak yang tahun lalu minta berhenti karena melahirkan minta kerja lagi. Sebenarnya saya sih sudah gak masalah gak ada yang bantuin, tapi berhubung dia minta balik ya udah gak ada salahnya diterima.

Awal Januari dia mulai kerja. Pas pula waktu iti mbah uti Nathan datang. Jadilah hampir tiap pagi ngungsi ke rumah mbah.
Mbak dipegangi kunci rumah biar bisa masuk ngerjain pekerjaannya.
Kamar tetap saya kunci.
Tapi ya itu. Karena gak diawasi kok kayaknya kerjanya asal aja.
Lap-lap debu jarang banget. Carport dibiarin kotor gak disapu mentang-mentang gak diinjak pakai kaki telanjang. Kamar mandi sampai detik ini gak dibersihkan.
Buang sampah ke depan juga enggak. Jadi musti saya tiap malam buang sampah ke luar.
Kerjaannya standar aja. Nyuci piring, nyuci baju, nyapu, ngepel. Udah! Kompor yang belepotan minyak dibersihkan kalau sudah parah banget kotornya.
Kesel jadinya!
Punya pembantu tapi rumah lebih kotor daripada waktu gak ada dia!

Yang lain yang bikin kesel, dia bawa 'rombongan sirkus' ke rumah waktu saya lagi pergi. Ini sih sudah keterlaluan banget.
Saya tahu dari lady yakult langganan saya. Biasanya dia datang seminggu sekali nganter yakult. Pas waktu itu saya pergi dan mbak gak pegang uang jadi besoknya pas saya di rumah lay yakultnya datang lagi.
Katanya, "lagi banyak saudara ya?"
Apaaa?? Dari ceritanya saya tahu di rumah ada beberapa ibu-ibu dan anak-anak lagi main.
Rumah saya jadi tempat kongkow?? Ini kelewatan namanya!
Beberapa waktu lalu mbak nitip belikan vitamin buat anaknya.
Oke, saya belikan sekalian pas ke apotek.
Kebetulan pas waktunya gajian jadi saya ngasih vitamin bersamaan dengan gajinya.
Sambil nerima gajinya mbak bilang, " berapa ini? Gak dinaikin? "
Whattt???
Kirain nanya harga vitamin. Ternyata.....!!!
Kerja aja gak bener!!
Dan pastinya sampai detik ini dia belum ganti uang vitaminnya!

Hari ini kesabaran saya udah habis.
Tadi pagi rasanya ngantuk banget. Habis Didi berangkat kerja saya lanjut tidur. Nathan juga masih tidur. Saya dengar mbak masuk. Jam 07.30.
Gak lama kemudian saya tahu kalau dia lagi setrika.
Jam 09.00 suara pintu depan ditutup. Saya tahu mbak pulang.
Langsung deh saya buru-buru naik lihat cucian. Bener dugaan saya. Cucian hari ini GAK DICUCI! Keset yang sengaja saya pinggirin cuma direndam saja.
Kalau hari ini gak nyuci, berarti besok gak setrika! Oh gosh!!
Lihat aja besok dia saya pecat ato gak. Kalau suasana hati saya memburuk, maaf ya mbak, kamu bakal tak pecat.

Tidak ada komentar: