Selasa, 03 Desember 2013

Maaf saya nyampah

Sebelum nulis ini, keadaan lagi sunyi senyap.
Saya lagi ngemil oreo plus minum secangkir kopi *kapan mau kurus?*
Tetiba ada berisik dari rumah sebelah.
Mengusik sepi!

Berisik ini sudah lebih dari seminggu.
Tapi kali ini mendadak saya jadi senewen. Merusak keheningan di siang bolong!

Dasarnya juga tetangga sebelah ini rada songong, saya jadi esmoses!
Kenapa songong?

Dulu waktu baru seminggu tinggal di Melati, saya bongkar kolam ikan, trus dipasang ubin. Tukang kerjanya cuma sehari doank. Eh, sebelah ini marah-marah. Katanya, berisik lah, debu lah. Dia pakek nantang " kalo asma saya kumat, anda mau nanggung biaya dokternya?"
Gak cuma saya sama Didi yang diomelin. Tukang saya juga dimarah-marahi, dikata-katain gak becuz kerja.
Satpam juga dimarahin.
Astagah!!
Fyi, "sebelah" ini suami dan istri!

Dari situ, biar dikata mo bertetangga sampai mati, saya gak mau berurusan dengan tetangga sebelah ini.

Niat jelek saya untuk mengabaikan keberadaan tetangga sebelah ini, menurut saya ada bagusnya juga. Soalnya ternyata tetangga sebelah kanan saya ini reseh banget! Sekali waktu, tetangga sebelah kiri nyuci mobil di depan rumahnya. Airnya ngalir melewati depan rumah saya, lanjut ke depan rumah sebelah kanan. Dan tetangga kanan yang reseh ini mencak-mencak ke tetangga kiri karena gak mau depan rumahnya becek!

Wow!!
Takjub saya betapa tetangga kanan ini hobi banget marah-marah.

Gak hanya hobi marah, sebelah ini hobi juga mau tahu urusan orang.
Saya lagi duduk di teras, tahu-tahu aja ibu sebelah ini sudah di luar pagar saya ngomongin pembantu saya.
"Pembantunya malas, ya? Sudah ngutang berapa banyak? Pembantu sekarang malas-malas, dikit-dikit ngutang."
Saya menanggapinya dengan ketus, "rajin kok, gak pernah ngutang!"
Kenyataannya emang begitu.

Hal lain yang bikin saya dongkol, tahu-tahu dia ngirim 2 biji mangga hasil panen pohon depan rumahnya. Itu setahun yang lalu. Saya terima saja dengan rasa heran, saya pikir mungkin sebelah sudah bertobat. Ternyata saya salah. Keesokan harinya ternyata dia merenovasi rumahnya. Dan tukangnya kerja seminggu penuh. Jelas berisik dan debu! Puing-puing material juga mengganggu.
Oh my... Jadi mangga 2 biji itu "sogokan"?
Untung saya gak makan mangganya karena saya kasih ke mbak. Amit-amit deh..

Jelas songong, khan?!!

Balik lagi ke "berisik" tadi.
Itu suara pompa airnya.
Wastafelnya bersebelahan tembok dengan ruang tengah saya. Setiap krannya dibuka, selalu terdengar jelas aliran airnya dari rumah saya. Tapi berisik seperti itu masih bisa ditolerir.
Berisik kali ini lebih heboh. Jendela saja sampai bergetar. Setiap buka kran, pompanya ikut bunyi, ribut sekali. Dan itu bisa jam berapa saja. Jam 4 pagi, siang, tengah malam buta, kapan saja setiap sebelah buka kran!
Suaranya gak hanya di ruang tengah saja, saya di kamar, di dapur, di atas pun kedengaran keras.

Saya sampai berpikir, kalo saya yang berisik seperti sebelah, pasti saya sudah dimaki-maki dari kemarin.
Tapi ini, saya tenang saja.
Jelas saya terganggu.
Iya, saya emosi -sampai saya harus menuliskannya di sini-.
Tapi saya tidak akan berbuat songong dengan marah-marah ke sebelah, seperti orang gak pernah makan sekolah.
Kalau tidak mau terganggu, tidak bisa bertoleransi dengan orang sekitar, mending tinggal di hutan, jangan tinggal di kota!


Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

Tidak ada komentar: