Senin, 18 Januari 2010

One Day Trip : Pandaan

Sabtu lalu sebenernya udah ada rencana mau ke WBL (wisata bahari Lamongan) bareng Bety, adikku. Tapi karena suatu hal, aku batalin untuk pergi. Jadinya cuma Bety n temen2nya aja yang ke WBL.

Ya sudah, aku berniat "duduk" manis aja di rumah seharian. Santai-santai.... Tapi apa boleh buat, lagi-lagi Lovi sama Meg "nyulik" aku. Padahal dr awal aku bilang males pergi. lagian ibu dah nyuruh aku setrika aja, mengingat setrikaanku dah menggunung!!! hehe....

Dasar Lovi sm Meg udah "error", pagi-pagi mereka dah nongol di dpn rumah.... akhirnya pergi lah aku dgn mereka. Kali ini tujuannya ke Pandaan. Entah Mega ato lovi yang lagi stress (atau mungkin keduanya????) jadi emang niat banget mau jalan-jalan alias refreshing. Berbekal info yang didapat Meg dari TV trus dilanjutun Lov yg searching di internet, meluncurlah pagi menjelang siang itu ke Gubug Mang Engking.

Perjalanan berangkat walo agak macet di daerah Pasar Porong, tapi bisa dibilang relatif lancar. Hanya sekitar 1 jam dari rumahku, kami dah sampe di Gubug Mang Engking. Lokasinya sedikit masuk ke arah Barat dari Jln. By Pass Surabaya-Malang. Ada plang petunjuknya.

Tempatnya siy asyik. dikelilingi sawah-sawah plus kolam ato tambak. Bisa pilih duduk di kursi atau lesehan di gubug-gubug yang terpisah satu dengan yg lainnya. kalo yang tujuan utamanya pengen santai, tempat ini sangat recommended. ada juga perahu atau sampan juga rakit yang bisa dimanfaatkan untuk bermain di tambaknya. Sayang waktu aku datang lagi hujan, jadi lebih banyak duduk aja sambil makan n ngobrol.

Begitu datang langsung disodorin menu sama mbak pelayannya. ada menu paket ber-4 atau ber-6. tentunya banyak juga menu pilihan. Menu utamanya siy Udang bakar saus madu. kami gak pake liat menu lain, langsung aja tembak menu paket ber-4 walo kami cuma bertiga....

Menu paketber-4 kira-kira 170 ribu. menunya kalo ga salah :
-nasi sebakul (gak abis. kayaknya nasinya bisa buat orang 5. sayang nasinya gak panas waktu nyampe di meja kami)
- Udang bakar saus madu (seporsi terdiri dari 6/8 tusuk udang. setusuknya 3 biji udang windu. madunya ga begitu terasa. dominan rasa manis, yg menurutku dari gula yang udah dijadikan karamel. aroma bakarannya juga gak ada. kayaknya siy udangnya digoreng dulu. kulit udang ma kepalanya crispy banget)
- Gurami bumbu Sambal (lupa deh nama persisnya apa. yang jelas gurami goreng trus disiram pake sambal yang terdiri dari tomat, cabe, n bawang merah. sambalnya kayaknya cuma ditumbuk sekenanya, masih utuh. trus ada sedikit kuah gitu. kayaknya dari sambalnya yang berair. ga pedas sama sekali. malah lagi-lagi dominan rasa manis)
-Cumi asam manis (lagi-lagi dominan rasa manis.. standart banget..)
-tahu-tempe (sepiring terdiri dari 2 potong tahu n 2 potong tempe... lumayan...)
-Lalapan
-sambal terasi (juga manis, gak pedes kalo menurutku)
-4 es jeruk/ es teh

uhm..... setengah mati deh ngabisin makanan yang dipesen. selain udah kenyang bgt, makanan yg dominan manis terasa gak pas di lidah. jadi gak terlalu puas rasanya....

hujan yang terus-terusan plus angin yang agak kencang bikin gak betah. dingin bokkk!!!!
akhirnya kami lanjutin perjalanan. Taman Dayu. cuma liat-liat aja siy. sempet liat papan petunjuk "wisata panci" di jalan utama dari Gerbang utama Taman Dayu. Meg rada histeris pengen liat n beli panci. tapi rupanya tempatnya masuk lagi ke arah perkampungan. rupanya tempatnya seperti desa yang masyrakatnya membuat panci. Gak jadi belok. hujan n tempatnya sepi, trus gak tahu juga jalannya kemana.

dari Taman Dayu balik terus ke arah Pandaan. Mampir ke Pasar Buah. Pengennya sih beli nangka. habis pas perjalanan selalu liat nangka. aku sama Lov "ngidam" nangka bgt..... Sayang di pasar malah gak ada yg jual nangka. yang banyak malah jual pisang. huh!!! akhirnya aku cuma beli alpukat sama manggis. lovi kayaknya borong alpukat sama salak. sedangkan mega borong manggis juga.

Perjalanan lanjut. Ke arah porong syukurnya gak macet. kami lanjut deh ke tanggulangin. ini sih gak ada dlm planning. dadakan aja pengen liat2. sempet muter-muter pas mau ke arah tanggulangin. habisnya papan petunjuk arahnya kurang n gak jelas. tapi syukur nyampe juga setelah muter2x di jalan yang sama... Lov sama Meg aja yg belanja tas. aku gak. gak ada yang naksir, mahal, n aku bokek.... hahaha.... Tapi emang Tanggulangin gak kayak dulu waktu aku datang pas sebelum ada musibah Lumpur SIdoarjo. Dulu bener2 rame, murah, n bagus2. kalo yang kemarin tuw bener-bener sepi. Gak ada yang menarik. Ditambah harganya yg rada gak masuk akal, rasanya bikin orang males belanja...

Dari Tanggulangin memutuskan langsung pulang. kali ini gak lewat Tol, lewat jalan biasa. Sepanjang jalan aku sama Meg sibuk makan manggis. Lov yg nyetir. Manggis sekresek habis... gak jd buat oleh2.... wkwkwkwkwk..... pas nyampe Sidoarjo, lewatin berderet2 orang jualan durian. bener2 menggoda iman....haha.... akhirnya aku sama Meg turun "berburu" durian. Lov tetep di Mobil. dia gak doyan duren. Dia pesen, "boleh makan duren, asal jgn gelegekan!!"
hahaha..... akhirnya jadi deh aku sam Meg mkn duren. Ukuran kecil harganya 8ribu. gak tahu deh pantesnya harganya berapa... gak bisa nawar... Durennya gak memuaskan. agak keras gitu. kayaknya belum mateng. rasanya pun gak ok. tapi gpp lah, buat obat pengen... hehehe.....

sampe rumahku dah hampir jam6 sore... capekkk.... hahahaha.....

Tidak ada komentar: