Rabu, 14 April 2010

Bakwan Makaroni Ala Kadarnya

Beberapa hari ini cuacanya ga menentu.
Kadang panas terik setengah mampus.
Tapi bisa mendadak hujan tanpa ada gejala terlebih dulu.

Kayak hari ini, berangkat dari rumah cuaca terang benderang.
Baru sampe kampus ternyata hujan turun deras bgt!
Padahal ga bawa payung.
Terpaksa berteduh di emperan ATM depan kampus. Mau lari ke kampus udah gak keburu.
Hujannya meraja lela. Ditambah lagi petir yang gegap gempita.
Pasrah deh aku menunggu hujan reda dengan baju setengah basah.
Ternyata hujan gak brenti walo aku dah nunggu lebih dr setengah jam :(
Terpaksa menerjang hujan dan genangan air setinggi mata kaki buat nyebrang masuk kampusku. Males bgt nunggu hujan yg ga jelas kapan brentinya.

Hujan yang non stop sekitar 2 jam otomatis bikin jalanan banjir.
Apa lagi depan kampusku yang udah langganan banjir.
Beuuhh... Basah total aku jadinya.

Di kampus beli gorengan (pas khan makan yg hangat pas hujan??) bernama ote-ote (orang Malang nyebutnya WECI, si Jengkol yang dari Pakanbaru nyebutnya BAKWAN).
Harganya IDR 2500!!
Sempet bikin aku senewen.
Gorengan standard gitu kok ya mahal bgt!!!
Di pinggir jalan aja rata-rata IDR750. Paling mahal juga 1000 perak!!!
Kalo rasanya selangit sih ya mau aja aku bayar. Lha penampilannya aja biasa, ga menarik, rasa juga biasa, kok ya mahal amat!!
Kalo Ote-ote Porong sih wajar kalo mahal, khan ud terkenal dan emang enak bgt.
Kalo ini.... ugh!!
Pas aku komplen sama ibu yang jual, malah ganti aku diteriakin!!
"Ini titipan orang. Harganya emang segitu!! Kalo ga mau ya beli aja di luar!!!!!"
(Pake "!" banyak coz emang ibunya ngomong dengan nada naik sekian oktaf)

Dongkol bgt aku hari ini hanya gara2 "ote-ote gak jelas yg mahal itu"

Daripada kesel ga da juntrungannya, aku bagiin aja resep kudapan ringan tapi mengeyangkan yang biasa aku buat. Ok banget dinikmati pas cuaca dingin n hujan kayak gene.

Resep BAKWAN MAKARONI ALA KADARNYA
(sengaja aku namain "ala kadarnya" coz ga pake ukuran baku, kira-kira aja)

Bahan:
Makaroni 200 gram (kira-kira 1,5 cangkir)
Air buat merebus makaroni
Minyak goreng
Wortel 1 batang, serut pake serutan yang biasa buat parut keju. Kalo ga ada, potong korek api aja
Kol 1/4 bagian yang gedhenya sedang, potong memanjang setebal 0,5cm
Tepung terigu kira-kira 6 sendok makan (bisa kurang ato lebih, sesuaikan aja dgn jumlah bahan lain)
Air dingin kira-kira setengah cangkir (sesuaikan dengan banyaknya tepung)
Telur 1 butir
Daun bawang 2 batang potong 0,5 cm
Bawang putih 2 siung, haluskan (gampangnya diparut aja)
Garam
Lada
Penyedap Masakan (kalo suka)

Cara Membuat:
1. rebus makaroni sampe Al Dente (pas kalo digigit, ga keras, ga terlalu lunak), bisa ditambahin 1 sdt garam dan 1 sdm minyak dalam air biar makaroni ga lengket
2. Angkat makaroni dr rebusan, bagusnya disiram lagi pake air dingin biar proses pematangan berhenti n ga tambah lunak. Tiriskan makaroni.
3. Campur bawang, daun bawang, kol, wortel, makaroni, dan telur
4. Tambahin tepung dan air dikit2 secara bergantian sambil diaduk sampe konsistensi adonan udah pas (gak terlalu berair ato gak terlalu kebanyakan tepung)
5. Tambahin garam, lada, penyedap masakan (cicipin dulu sampe rasanya pas)
6. Panaskan minyak. Masukkan adonan sesendok demi sesendok (kayak goreng dadar jagung). Goreng adonan dgn api sedang sampe warnanya kuning kecoklatan
7. Angkat, tiriskan.

This is it!!!
Bakwan makaroni ala kadarnya siap disantap!! Bisa dilengkapi dengan cabe atau saus sambal plus teh panas... huu.... nikmat!!!

Selamat mencoba!!!

(Sorry ga da foto. Ga kepikiran buat di publish. Krna tragedi ote-ote mahal jadi kepikiran bagiin resep ini. Nti kalo buat lagi, aku posting deh fotonya)

Tidak ada komentar: