Kamis, 16 Juli 2015

Resep Nila Asam Manis

Kebanyakan ikan gurame yang dimasak asam manis. Tapi kali ini saya sengaja memilih ikan nila untuk dimasak saus asam manis.
Pada dasarnya bahan dan cara memesaknya sama ya. Hanya beda jenis ikannya saja. Rasanya juga sama antara gurame dan nila.

Untuk ikan nilanya saya beli masih dalam keadaan segar. Masih hidup di dalam aquarium. Semenjak pindah rumah beberapa bulan lalu, "terpaksa" saya harus ke pasar setidaknya sekali dalam seminggu. Sebenarnya ada juga sih bapak yang keliling jualan sayur di komplek. Tapi sampai depan rumah saya sudah jam 1 siang. Sering gak kebagian apa-apa.  Jadi lebih memilih untuk belanja di pasar. Belanja di tukang sayur hanya sebagai tambahan saja.

Beruntung dari rumah saya pasar hanya berjarak selemparan kolor. Haha... Dari gerbang komplek tinggal nyebrang sekitar 500 meter. Kalau jalan kaki ya  lumayan juga sih. Tapi yang jelas masih termasuk dekat, khan?!
Pasarnya di Alam Sutera, namanya Pasar 8. Walau gak terlalu besar tapi segalanya ada.
Nah, di pasar inilah saya beli ikan nila.
Huhu... panjang ceritanya ya jadinya. Hihihi...

Dari pasar saya sudah pesan ke penjual ikan langganan saya supaya nilanya difillet saja. Duri dan kepala ikannya juga saya ambil. Jadi saya gak perlu repot memotong ikannya karena saya gak ahli dalam hal ini.

Well, segera saja saya tuliskan resepnya ya.
Yang jelas ikan sudah dalam keadaan sudah dicuci bersih ya. Bisa diberi air perasan jeruk nipis atau lemon untuk menghilangkan bau amisnya baru dicuci bersih. Fillet ikan bisa dipotong-potong lagi sesuai selera. Kalau punya persediaan ikan utuh juga gak masalah dibiarkan utuh atau dipotong sesuai selera.

Resep Nila Asam Manis

Bahan :
1 ekor ikan nila (sekitar 6-7 ons)
Garam secukupnya
2 siung bawang putih, dihaluskan

Bahan pelapis ikan:
2 sdm tepung terigu
1 sdm tepung maizena
Garam / kaldu bubuk secukupnya

Bahan saus :
4 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal (optional)
Garam
Gula
Air secukupnya
1 sdm tepung maizena, larutkan dalam 2 sdm air
2 siung bawang putih, cincang halus
Bawang bombay
Paprika merah
Paprika hijau
Wortel, potong korek api
(Jumlahnya dikira-kira ya. Saya pakai masing-masing setengah buah. Kalau gak ada bisa diskip. Atau bisa ditambah nanas kalau suka)

Cara :
1. Potong kotak ikan (sesuai selera). Lumuri ikan dengan garam dan bawang halus. Sisihkan. Diamkan di lemari es 30 menit agar bumbu meresap
2. Campur bahan pelapis. Lumuri ikan yang sudah meresap bumbunya ke bahan pelapis. Langsung goreng di minyak panas dengan api sedang. Lakukan yang sama untuk duri dan kepala ikan.
3. Untuk saus, tumis bawang putih sampai harum. Masukkan bawang bombay, paprika dan wortel.
Tumis sampai setengah layu. Tambahkan saus tomat dan air (saya pakai 1 cangkir air).
Tambahkan garam dan gula. Sesuaikan rasanya.
Bila sudah matang masukkan larutan maizena, aduk sampai mengental.
4. Tata ikan di piring saji, siramkan saus di atasnya

Simpel, khan?! Yuk dicoba.
Kalau biasanya makan gurame asam manis di resto, buat sendiri tak kalah lezat. Dan pastinya lebih sehat dan hemat.

Tidak ada komentar: