Senin, 23 Agustus 2010

Berburu Jajanan di Pasar Atum

Ngomongin makanan di Pasar Atum, emang gak ada matinya.
Ehmmm... Di Foodcourt, lantai paling atas, semuanya ada. Mulai dari yang halal mpe ga halal pasti ada. Anak-enak pulak!
Trus turun ke bawah, pasti nemu banyak stand terpisah-pisah jual makanan ringan mpe makanan berat.
Nah, di lantai paling bawah juga variatif banget. Snack, jajanan pasar, aneka kue, semua makanan, just named it, pasti ada!!

"Perburuan" ke pasar atum kali ini bersama Dini. Kebetulan dia lagi cuti, trus boss-nya nitip kripik ceker. Sekalian deh nyari makanan yang ringan (tapi buntutnya jadi berat coz banyak juga yang dilahap).

Yang pertama, nyobain bubur madura, lupis, klanthink, sama urap-urap. Lokasinya di selasar depan pertokoan yang deket parkiran motor. Ada beberapa penjual yang berderet. Yang dijajakan utamanya ya bubur madura, trus lupis dan kawan-kawannya (ga tahu apa aja namanya), trus jajanan pasar yang udah jarang banget ditemui.
Oya, kalo kesini musti di atas jam 2 siang.
Bubur madura nih favorit aku banget. Semua isinya enak, santan kentalnya juga gurih banget. Perpaduan santan yang gurih asin dengan gula merah yang manis, pas banget pokoknya!!
Lupisnya juga enak. Kalo yang ga tahu, lupis tuw dibuat dari beras ketan yang udah direndam dalam air kapur sirih. Trus masaknya kayak buat lontong gitu. Lupisnya ga keras n ga lembek. Konsistensinya pas. Gurih pisan euy....
Kalo urap-urap, bisa dimakan pake lontong. Tapi aku milih ga pake lontong (khan mau yang ringan aja). Bumbu kelapanya dominan pedes manis. Sayurnya yang aku suka. Ada kembang turi, kacang panjang, tauge, sama ada 1 jenis lagi, tapi lupa apa nama daunnya. Nah, daun ini nih yang baru sekali kemarin aku makan. Suka suka suka....
Semua makanan itu cuman 4ribu doank seporsi!! Murah banget!

Puas "ngemil", kami cari krupuk ceker pesenan boss Dini. Tempatnya lebih masuk ke dalam pasar Atum, masih di lantai 1 juga. Yang jualan snack kayak gini banyak banget. Jadi musti survey n pinter nawar biar dapat yang murah. Abis pilih-pilih, akhirnya kita beli tuw kripik ceker. Setengah kilo dapet 65ribu. Termasuk murah, coz di tempat lain bisa 75 ribu dengan rasa yang sama enaknya. Asyiknya di sini, cuma dengan membeli ceker, aku ga nyobain ceker aja, tapi juga nyobain camilan lainnya... hahaha.... kripik kentangnya juga enak...

Perburuan beralih ke Jajanan Pasar Kartiko. Dapet siomay babi. beruntung banget aku soalnya itu siomai tinggal satu!! Hwaaa... Suka suka suka.... ^^

Berakhir juga icip-icip hari itu. Pulang dengan senang dan kenyang..... :)) :))


Semua camilan ini bisa dicoba loh...^^

Urap-urap (makannya pake pincuk)
Bubur madura


Maem lupis

3 komentar:

dinoy mengatakan...

daun alur, ciiin.. biasa dibikin bothok alur juga.. :p thx yah dah nemenin aku explore pasar atum, hehe, dah lama buanget ga kesana..

mas ari (FE) mengatakan...

Dini!, ini anak ga sopan blas...jalan2 ga ngajak!

DUNIA DIAN mengatakan...

Dini : thx udah ingetin nama daun yang langka itu...